Search Engine Optimizer Adalah

SEO image illustration by unsplash

Pengertian SEO

SEO merupakan kependekan dari “Search Engine Optimization” adalah serangkaian upaya dan proses untuk mendapatkan peringkat pertama di halaman pertama pada hasil pencarian Google. Sehingga dengan kita memiliki ranking yang tinggi, besar kemungkinan website kita mendapatkan trafik yang tinggi.

SEO juga digunakan untuk mendapatkan target pengunjung yang tepat sesuai dengan peruntukan website kita masing-masing. Tetapi sebelum itu kita perlu mengetahui acuan dan cara kerja dari SEO.

 

Acuan Utama Dan Cara Kerja SEO

Danny Sullivan (seorang ahli SEO) mengatakan bahwa istilah Search Engine Optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet.

SEO bekerja dengan serangkaian algoritma yang akan menentukan konten mana yang akan menempati urutan pertama pada mesin pencari, baik itu Google, Safari, Duckduckgo, Yahoo hingga bing. Algoritma yang kami maksud adalah algoritma milik google, karena Google menguasai 90 persen dari penggunaan mesin pencari di dunia.

Untuk mempelajari algoritma Google, kita tidak bisa berhenti mempelajarinya karena Google selalu memperbarui algoritmanya. Sebagai contoh, dari tahun 2011 hingga 2021 sudah ada 8 major update dari google.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing?

SEO Graphic Illustration By Unsplash

Jenis-Jenis SEO

Umumnya jenis SEO dibagi menjadi 2 jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. keduanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja memiliki perbedaan pada penempatannya.

SEO On Page

SEO jenis ini adalah langkah-langkah optimasi yang dilakukan langsung pada halaman website anda. Pada dasarnya SEO On Page berfokus agar konten yang terdapat pada website Anda menjadi SEO-Friendly. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda optimalkan:

  • Meta Description
  • Site Speed
  • URL Title
  • Internal Link
  • Alt Text (untuk gambar)
  • Tag Title

Aspek-aspek tersebut harus sesuai dengan isi konten dari masing-masing halaman website Anda, sebagai contoh Tag Title dan Meta Description harus dapat menggambarkan apa yang ada di halaman tersebut berdasarkan keyword yang sedang Anda incar.

SEO Off Page

Untuk SEO Off Page berdeda dengan On Page, karena SEO Off Page berfokus untuk melakukan aktivitas optimasi dari luar website Anda (eksternal). SEO Off Page dapat dilakukan dengan membangun Backlink untuk halaman website Anda.

Backlink adalah link yang diletakkan pada website lain yang mengarah ke website Anda, tetapi jangan lupa ketika Anda membuat backlink harus sesuai dengan kaidah SEO Google agar tidak dianggap spam oleh Google. Karena hal tersebut bisa membuat peringkat website Anda menjadi turun.

Baca juga: Web Developer Adalah

 

Apakah SEO Penting?

SEO sangat penting, bahkan sudah menjadi kewajiban semua website agar mengoptimalkan SEO. kenapa penting? berikut beberapa contoh penjelasannya:

Website Ditemukan Dengan Keyword

Karena website Anda ditemukan dengan keyword yang diketikan oleh user pada mesin pencari, maka akan sangat penting untuk mengoptimalkan keyword-keyword pilihan sesuai dengan keperluan website Anda. Dengan demikian user dapat dengan mudah menemukan website Anda dan meningkatkan trafik organik.

Meningkatkan Kredibilitas Serta Nama Perusahaan

Dengan memiliki website yang berada di halaman pertama Google, secara otomatis akan meningkatkan kredibilitas serta brand awareness perusahaan Anda. karena user akan percaya bahwa website Anda adalah terpercaya karena dapat dengan mudah ditemukan di halaman depan mesin pencari.

Category:

Tentang Kami

Komunigrafik adalah perusahaan web design & development yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dengan pengalaman profesional selama 10 tahun menangani beragam client dan project.

Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi web dan mobile.

About Us Portfolio