Web Developer Adalah

Tentang Komunigrafik

Kami menyediakan jasa pembuatan website yang didukung oleh web designer dan web developer terbaik berlokasi di Jakarta Indonesia.

web developer illustration by unsplash

Anda pernah mendengar nama profesi “Web Developer”? atau bahkan mempunyai teman yang bekerja sebagai web developer?. Di era modern saat ini cukup banyak dibutuhkan seorang web developer di perusahaan - perusahaan terutama yang bergerak di bidang teknologi, oleh karena itu banyak orang yang tertarik ingin menjadi seorang web developer, kali ini Komunigrafik akan membahas pengertian, tugas, keahlian dasar dari seorang web developer. Mari kita simak artikel ini bersama!

Pengertian Web Developer

Web developer adalah seorang yang bertanggung jawab dalam pembuatan sebuah website, pengembangan dan perawatan sebuah website. Bisa dibilang seorang web developer adalah orang yang berkeahlian khusus dalam bidangnya dalam membuat sebuah website.

Umumnya seorang web developer ditugaskan untuk membuat sebuah website dari mulai tahap perencanaan, pengerjaan hingga website tersebut dapat di-publish ke internet dan dapat diakses oleh publik.

Tentunya untuk mewujudkan sebuah website yang baik dibutuhkan keahlian yang harus dikuasai oleh seorang web developer, berikut ini beberapa keahlian dasar seorang web developer:

 

Keahlian Dasar Seorang Web Developer

Seorang Web Developer dituntut untuk menguasai banyak hal sekaligus karena untuk membuat sebuah Website tidak semudah yang orang awam pikirkan, meskipun banyak hal yang perlu dikuasai, kami akan coba sebutkan hal-hal dasar yang harus dikuasai:

1.HTML

html script by unsplash

HTML (HyperText Markup Language) merupakan bahasa markup yang dikembangkan oleh W3C pada tahun 1993. HTML berfungsi untuk menyusun struktur dokumen pada website untuk ditampilkan pada browser. HTML terus berkembang hingga sekarang, tetapi yang paling banyak digunakan adalah HTML versi 5 atau HTML5.

2.CSS

CSS adalah bahasa Cascading Style Sheet yang digunakan untuk memberikan style atau gaya pada tulisan Markup atau HTML yang biasa disebut “Styling”. CSS juga bisa digunakan untuk membuat tampilan website menjadi responsive, yaitu website akan tetap terlihat proporsional pada ukuran layar device yang berbeda beda.

CSS pertama kali dikembangkan oleh W3C(World Wide Web Consortium) pada tahun 1996. Hingga saat ini CSS sudah mencapai versi 3 atau CSS3.

3.JavaScript

JavaScript adalah salah satu bahasa scripting yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website. JavaScript digunakan untuk membuat halaman website menjadi lebih dinamis dan lebih interaktif serta menambahkan fungsionalitas pada sebuah website. Bahkan kita dapat membuat game berbasis website dengan JavaScript.

4.Bahasa Pemrograman

php illustration by unsplash

Programming Language atau Bahasa Pemrograman merupakan sekumpulan perintah dalam bentuk baris kode yang dapat dimengerti oleh mesin komputer. Seorang web developer diwajibkan untuk menguasai minimal 1 bahasa pemrograman agar dapat membangun sebuah website dengan baik.

Untuk membangun sebuah website, biasanya digunakan bahasa pemrograman seperti PHP, Python dan Java. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing, sehingga kita perlu memilih sesuai dengan aplikasi atau website yang akan kita bangun.

5.Database

Database atau Basis Data merupakan sekumpulan data yang tersimpan untuk dikelola sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tempat penyimpanan informasi, database memiliki beberapa fungsi dasar yaitu menyajikan, menyimpan, mengubah dan menghapus data.

Pada pembuatan sebuah website, biasanya seorang web developer akan menggunakan jenis database relasional, contohnya adalah MySQL.

Selain keahlian dasar yang sudah disebutkan di atas, ada juga klasifikasi web developer berdasarkan tugasnya, web developer dapat dibedakan menjadi dua yaitu Front End dan Back End Developer. apa itu? mari kita simak bersama!

 

Front End Web Developer

Front End merupakan bagian depan dari website. Seorang front end web developer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyajikan tampilan yang dilihat langsung oleh user, dan user juga dapat berinteraksi langsung dengan website yang sedang mereka kunjungi. pada bagian front end ini biasanya dibagun menggunakan HTML, JavaScript dan CSS.

untuk membuat website yang baik, seorang front end developer harus bekerja sama dengan back end developer. Karena dua bagian ini sangat berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

 

Back End Web Developer

Back End adalah bagian belakang dari sebuah website di mana proses penyajian data diproses. Seorang back end developer biasanya menguasai database dan bahasa pemrograman agar proses menyajikan, menyimpan, mengubah dan menghapus data dapat berjalan dengan baik karena pada bagian back end ini sebuah website akan dihubungkan ke bagian front end.

Selain Front End dan Back End developer, ada juga istilah Full Stack Developer. Yaitu orang yang menguasai keduanya (back end dan front end). Seorang full stack developer biasanya lebih berpengalaman, oleh karena itu mereka juga biasanya mendapat gaji yang lebih besar.

 

Barusan merupakan pengertian hingga contoh web developer yang telah Komunigrafik rangkum untuk Anda. Kami harap artikel ini membantu anda.

mari simak artikel menarik lainnya di bawah ini!

Category:

Tentang Kami

Komunigrafik adalah perusahaan web design & development yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dengan pengalaman profesional selama 10 tahun menangani beragam client dan project.

Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi web dan mobile.

About Us Portfolio