Web Designer Adalah

Tentang Komunigrafik

Kami menyediakan jasa pembuatan website yang didukung oleh web designer dan web developer terbaik berlokasi di Jakarta Indonesia.

Pada tahun ini peluang pekerjaan menjadi web designer semakin meningkat, Hal ini juga yang membuat banyaknya orang tertarik untuk menjadi web designer karena tergiur oleh fasilitas - fasilitas yang dijanjikan oleh perusahaan. Sebelumnya, kita perlu mengetahui pengertian dan tugas dari seorang web designer dalam menjalankan tugasnya, Kali ini Komunigrafik akan merangkumnya secara menarik!

 

Pengertian Web Designer

Web designer adalah orang yang bertugas untuk mendesain website mulai dari tahap desain hingga merancang dan membuat tampilan website hingga dapat diakses oleh user. Seorang web designer juga bertanggung jawab agar tampilan website menjadi menarik dan “user friendly”  ketika digunakan oleh user, oleh sebab itu tugas seorang web designer menjadi sangat penting dalam proses pembuatan website.

 

Baca juga : Web Developer Adalah

 

Keahlian Dasar Seorang Web Designer

Seorang web designer harus memiliki keahlian dasar yang baik, karena hal-hal dasar merupakan pondasi untuk menjadi web designer profesional. Berikut adalah 2 keahlian dasar seorang web designer.

User Interface (UI)

User Interface atau Antarmuka Pengguna merupakan tampilan visual sebuah website atau sistem yang menghubungkan antara sistem dengan pengguna/user. Tampilan UI dapat berupa teks, gambar, warna yang didesain semenarik mungkin.

Dengan UI yang menarik dapat membuat pengguna betah menggunakan sistem atau website yang dibuat, tentu hal ini berdampak positif untuk bisnis perusahaan pemilik website tersebut.

User Experience (UX)

User Experience adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan website yang sedang diaksesnya, UX yang baik akan memudahkan pengguna dalam menggunakan segala macam fitur dari sebuah sistem atau website. Seorang web designer perlu mengerti cara membuat website yang memiliki UX yang baik agar pengguna tidak merasa kesulitan.

 

Tugas Seorang Web Designer

Pada dasarnya seorang web designer bertugas untuk melakukan perancangan awal hingga membuat website yang menarik dan “user friendly”. Tetapi selain itu, ada juga beberapa tugas yang biasanya menjadi tugas seorang web designer, berikut ini beberapa contohnya :

1. Responsive Web Design

salah satu tugas seorang web designer adalah responsive web design, yaitu berusaha membuat tampilan dari sebuah website tetap proporsional di berbagai device yang berbeda. Sehingga user tetap dapat melihat website tersebut dengan nyaman baik menggunakan Smartphone, Laptop ataupun Desktop PC yang memiliki ukuran layar yang berbeda-beda.

2. SEO

SEO atau “Search Engine Optimization” adalah serangkaian upaya dan proses untuk meningkatkan trafik website. Seorang web designer bertanggung jawab agar website yang dibuatnya memiliki banyak pengunjung dengan memaksimalkan SEO, dengan website yang memiliki SEO yang optimal, maka website tersebut dapat dikatakan “SEO Friendly”.

3. Kecepatan Website

Sebuah website juga memiliki tolak ukur kecepatan, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk memuat website secara keseluruhan. Hal ini menjadi salah satu tugas seorang web designer, karena pada saat sebuah website sedang dibangun, seorang web designer harus mengerti memaksimalkan kecepatan website dengan melakukan serangkaian proses. 

Sebuah website bisa dikatakan memiliki kecepatan yang baik jika bisa mendapatkan nilai di atas 90. Nilai tersebut didapat dengan melakukan scan pada alat test website seperti :

  1. PageSpeed Insights by Google
  2. GTmetrix
  3. Pingdom

Software Yang Sering Dipakai Seorang Web Designer

Seorang web designer tentu membutuhkan software atau alat untuk digunakan dalam mendesain website, berikut beberapa software yang biasa digunakan:

 

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan software?

 

Code Editor

Tools pertama yang digunakan oleh web designer adalah code editor, code editor adalah sebuah software penyunting kode yang dirancang khusus untuk menulis dan mengedit banyak baris kode bahasa pemrograman seperti PHP, Python dll. Code editor juga bisa digunakan untuk mengedit HTML dan CSS. Berikut adalah contoh code editor yang populer:

  1.  Visual Studio Code
  2.  Sublime Text
  3.  Bracket
  4.  Notepad++

Adobe Photoshop

Photoshop adalah software yang dikhususkan untuk mengedit dan mengolah gambar yang dibuat oleh Adobe. Photoshop sangat populer di kalangan web designer karena sangat membantu untuk mengolah gambar yang akan digunakan dalam website yang sedang dibuat.

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator atau Ai juga merupakan software buatan Adobe, Ai berguna untuk mendesain gambar berupa vektor. Dengan menggunakan Ai seorang web designer akan terbantu dalam pembuatan grafis ilustrasi seperti logo, ikon, desain kemasan hingga tipografi

Category:

Tentang Kami

Komunigrafik adalah perusahaan web design & development yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dengan pengalaman profesional selama 10 tahun menangani beragam client dan project.

Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi web dan mobile.

About Us Portfolio