Node JS adalah

Saat ini Javascript sangat berkembang di dunia pengembangan website khususnya bagi para developer. Karenanya ada berbagai platform yang digunakan dalam pemrograman aplikasi web tersebut. Node js adalah salah satu platform yang memiliki performa tinggi. Untuk bisa mengenalnya lebih jauh, mari kita simak penjelasan nya sebagai berikut.

 

Apa yang dimaksud Node JS ?

Node js adalah suatu platform atau perangkat lunak yang didesain untuk mengembangkan aplikasi berbasis website dan ditulis didalam bahasa pemrograman Javascript. Bila selama ini kita mengenal JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan disisi client / browser saja, maka Node.js ada untuk melengkapi peran JavaScript sehingga bisa juga berlaku sebagai bahasa pemrograman yang berjalan disisi server, seperti halnya PHP, Ruby, Perl, dan sebagainya.

Node.js juga dapat berjalan di sistem operasi Windows, Mac OS X dan Linux tanpa perlu ada perubahan kode program. Node.js memiliki library server HTTP sendiri sehingga memungkinkan untuk menjalankan server web tanpa menggunakan program server web seperti Apache atau Nginx.

Untuk mengeksekusi Javascript sebagai bahasa server diperlukan engine yang cepat dan mempunyai performansi yang bagus. Engine Javascript dari Google bernama V8-lah yang dipakai oleh Node.js yang juga merupakan engine yang dipakai oleh browser Google Chrome.

 

Bagaimana cara kerja Node Js ?

Node.js bekerja dengan konsep non-blocking dan single-threaded. Untuk memahami maksud dari kedua konsep tersebut, simaklah penjelasan berikut ini..

Maksud dari Blocking secara sederhana adalah, bahwa suatu kode program akan dijalankan hingga selesai, baru kemudian beralih ke kode program selanjutnya.

Misalkan kita memiliki program dengan algoritma berikut:

  • Terima request untuk halaman blog
  • ambil data blog dari database
  • tulis html berisi data blog
  • kirim respon ke klien

Sebut saja program A sebagai contoh. Program ini bekerja dengan konsep blocking dan multi-threaded. Dalam kinerjanya, algoritma program A terdiri dari beberapa proses. Oleh karena sifat blocking-nya, algoritma program tersebut tidak akan berlanjut ketika satu proses belum diselesaikan.

Di sisi lain ada program B yang bersifat non-blocking dan single-threaded. Program B dan A memiliki algoritma yang sama. Akan tetapi, kinerja program B tidak akan berhenti pada satu proses jika proses selanjutnya tidak memerlukan output proses sebelumnya. Inilah yang dimaksud dengan konsep non-blocking.

Selain itu, program B hanya mengalokasikan thread pada proses yang aktif. Pada program A, thread diberikan kepada semua proses, baik yang aktif maupun yang belum.

Dengan melihat konteks tersebut, Anda dapat memahami bahwa program B yang bersifat non-blocking dan single-threaded dapat bekerja lebih efisien dan tidak menggunakan resource yang besar dibandingkan program A.

 

Apa saja kelebihan menggunakan Node JS ?

Dibawah ini adalah beberapa keunggulan node js

  1. Node.js mampu menangani ribuan koneksi bersamaan dengan penggunaan resource minimum untuk setiap prosesnya
  2. Node.js sangat diandalkan terutama untuk membuat aplikasi real-time
  3. Node.js adalah project open source, sehingga siapapun dapat melihat struktur kode dan juga dapat berkontribusi untuk pengembangannya
  4. Node.js menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang diklaim sebagai bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak dikenal oleh masyarakat luas

Apa contoh aplikasi yang menggunakan Node JS ?

  • LinkedIn — Backend API dari aplikasi Android dan iOS platform social network untuk para profesional ini dibangun dengan Node.js
  • Netflix — Situs streaming serial TV dan film ini dijalankan menggunakan Node.js di samping Python dan Java

 

Jadi, Node.js adalah platform yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web karena efisiensinya dalam mengelola data.

Semoga artikel ini berguna bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom di bawah ini.

 

Category:

Tentang Kami

Komunigrafik adalah perusahaan web design & development yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dengan pengalaman profesional selama 10 tahun menangani beragam client dan project.

Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi web dan mobile.

About Us Portfolio