Application Programming Interface adalah

API (Application Proggramming Interface) adalah software interface yang terdiri dari kumpulan instruksi yang disimpan dalam bentuk library yang menjelaskan bagaimana agar sebuah software dapat berinteraksi dengan software lain. Penjelasan ini dapat dicontohkan dengan analogi apabila akan dibangun suatu rumah. Dengan menyewa kontraktor yang dapat menangani bagian yang berbeda, pemilik rumah dapat memberikan tugas yang perlu dilakukan oleh kontraktor tanpa harus mengetahui bagaimana cara kontraktor menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dari analogi tersebut, rumah merupakan software yang akan dibuat, dan kontraktor merupakan API yang mengerjakan bagian tertentu dari software tersebut tanpa harus diketahui bagaimana prosedur dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Interface pada sebuah software merupakan suatu entry points yang digunakan untuk mengakses seluruh resources yang terdapat di dalam software tersebut. Dengan adanya API, maka terdapat aturan bagaimana software dapat berinteraksi dengan software lain untuk mengakses resources melalui interface yang telah tersedia. 

Secara struktural, API merupakan spesifikasi dari suatu data structure, objects, functions, beserta parameter-parameter yang diperlukan untuk mengakses resource dari aplikasi tersebut. Seluruh spesifikasi tersebut membentuk suatu interface yang dimiliki oleh aplikasi untuk berkomunikasi dengan aplikasi lain, dan
API dapat digunakan dengan berbagai bahasa programming, ataupun hanya dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) yang telah disediakan oleh suatu website.

Adapun REST (Representational State Transfer), yang merupakan jenis arsitektur yang terdapat pada web untuk melayani suatu service. REST merepresentasikan cara interaksi antara server dan client untuk melakukan proses pertukaran informasi melalui media yang sama.

Dalam suatu jaringan. agar suatu resource dapat diakses, maka diperlukan identifikasi dan suatu bentuk manipulasi. Dapat digunakan URI (Uniform Resource
Identifier) yang digunakan untuk mengidentifikasi resource yang ada pada suatu jaringan, dan dapat membuat resource menjadi addressable, yang berarti resource dapat diketahui lokasinya dan dapat dimanipulasi dengan menggunakan suatu aplikasi.

REST dapat digunakan sebagai interface dari API untuk mengakses suatu resource. API yang mengikuti prinsip dari REST architecture memberikan
kemudahan bagi developer untuk tidak perlu mengetahui bagaimana struktur dari API di dalam server. Dalam hal ini, server akan memberikan informasi bagaimana agar client dapat mengakses service melalui API yang telah disediakan. Penggunaan protokol HTTP pada REST architecture untuk komunikasi
antara client dan server terletak pada HTTP method, yaitu GET, POST, PUT, dan DELETE. Method ini dapat digunakan untuk mengakses resources yang ada pada server, bergantung dari instruksi yang diberikan oleh server.

Dengan menggunakan protokol HTTP, URI dapat dijadikan sebagai media yang digunakan untuk mengakses resource dari server. Hal ini disebut dengan URI
tunneling. URI tunneling mempergunakan URI untuk mentransfer informasi pada antar sistem yang dalam jaringan dengan melakukan encode pada URI itu sendiri. Dengan mengirim HTTP method yang telah disebutkan sebelumnya, server dapat melakukan eksekusi terhadap suatu program yang menghasilkan atau mengambil suatu resource dan mengirimkannya kembali ke client.

 

Category:

Tentang Kami

Komunigrafik adalah perusahaan web design & development yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dengan pengalaman profesional selama 10 tahun menangani beragam client dan project.

Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi web dan mobile.

About Us Portfolio