Apa Yang Dimaksud Dengan Hardware?

Tentang Komunigrafik

Kami menyediakan jasa pembuatan website yang didukung oleh web designer dan web developer terbaik berlokasi di Jakarta Indonesia.

Di dalam dunia teknologi, kata “Hardware” sudah bukan hal yang asing di telinga kita. bahkan hampir semua orang pernah mendengar istilah Hardware, kali ini Komunigrafik akan menjelaskan pengertian, jenis dan fungsi Hardware secara ringkas. Mari simak artikel ini lebih lanjut

Pengertian Hardware

Hardware atau dalam bahasa indonesia “Perangkat Keras” adalah serangkaian alat yang saling terkoneksi untuk menjalankan proses komputasi, umumnya pada komputer dan laptop. Masing - masing dari Hardware saling berhubungan satu sama lainnya dalam menjalankan tugasnya, bahkan banyak Hardware yang memiliki peranan penting sehingga sebuah sistem tidak bisa berjalan tanpa adanya Hardware tersebut.

Fungsi Hardware

Setiap Hardware memiliki fungsi dan peranannya masing - masing, oleh karena itu untuk menjelaskan fungsi Hardware kita perlu mengelompokkannya berdasarkan jenis fungsinya. Berikut adalah penjelasan masing - masing jenis Hardware dengan contohnya

Hardware Input

Hardware input atau (device pemasukkan) adalah alat yang berfungsi untuk memberikan perintah untuk memasukkan data ke memori untuk kemudian diproses oleh prosesor, contoh dari Hardware Input adalah Mouse dan Keyboard.

Hardware Output

Selain Hardware Input, ada juga Hardware yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari perintah yang diberikan, yaitu Hardware Output(device keluaran). Hardware Output hanya bekerja setelah pemrosesan perintah telah siap disajikan ke pengguna komputer/laptop, contohnya adalah monitor, speaker dan printer. Itu semua menghasilkan Output ke pengguna dalam bentuk visual, suara dan cetakan.

Process Device

Berikutnya adalah Process Device, Hardware jenis ini merupakan penengah antara Input dan Output, karena dia bertugas untuk memproses Input yang masuk dan menyajikannya menjadi Output yang diinginkan kepada user. Process Device biasanya merupakan Hardware yang sangat penting karena semua tugas pemrosesan bergantung padanya, contohnya adalah Processor Unit (CPU), RAM, Motherboard.

 

Baca juga : Apa Itu Software?

Barusan adalah pengertian, jenis dan fungsi Hardware yang telah Komunigrafik rangkum secara ringkas, semoga artikel ini membantu Anda. Have a nice day!

Category:

Tentang Kami

Komunigrafik adalah perusahaan web design & development yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dengan pengalaman profesional selama 10 tahun menangani beragam client dan project.

Kami menyediakan jasa pembuatan website, aplikasi web dan mobile.

About Us Portfolio