IDEA+IDEA+IDEA=CRAP

It’s kinda the same idea as facebook, with functionality more like Twitter, but with the innovation of Microsoft.

Kutipan di atas tampaknya cukup menggambarkan situasi yang saya maksudkan, terkadang ide yang baik tidak selalu berakhir baik jika ditempatkan dalam satu tempat yang sama.

Hal yang sama tampaknya berlaku juga ketika kita bicara mengenai desain web. jika anda seorang web desainer, anda mungkin pernah dihadapkan pada daftar panjang revisi dari tim reviewer yang  jika anda eksekusi dapat dipastikan akan “menghancurkan”  desain yang telah terkonsep dan disepakati sebelumnya. Atau bisa juga pemasalahan tersebut muncul dari tim desain yang kita bentuk sendiri.

Lantas bagaimana masalah tersebut biasanya muncul? hmm… berikut pendapat saya

Berhati-hatilah dengan yang namanya “Design by Committee”

Saya tidak bermaksud mengatakan bahwa pengambilan keputusan terkait desain akan bermasalah jika dilakukan dalam tim, tapi “berhati-hatilah” dengan kemungkinan proses yang kurang baik serta kepemimpinan yang buruk dalam tim tersebut. Beberapa masalah yang biasanya muncul ialah:

  • Tidak adanya kesatuan ide
  • Inkonsistensi
  • Terlalu banyak detail yang  tidak perlu, sehingga menciptakan kompleksitas baru

Hal di atas biasanya muncul karena adanya kompromi dalam proses pengambilan keputusan, sehingga yang muncul adalah gabungan dari beragam ide. Ide-ide yang muncul mungkin sebenarnya adalah ide yang baik tapi menggabungkannya menjadi satu kadang justru menjadi pangkal masalahnya.

Bagaimana dengan anda, apakah anda punya pengalaman atau pendapat mengenai masalah ini?



Related Article