Sudahkah Website Anda Berkontribusi Maksimal Bagi Bisnis?

Untuk Anda yang saat ini  berencana untuk membuat atau me-redesign website untuk bisnis Anda, berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda terburu-buru mendefinisikan hal apa saja yang akan ada dalam website.

Pastikan website Anda punya kontribusi besar pada bisnis yang sedang Anda jalankan
Motivasi untuk membuat website sendiri terkadang perlu kita tinjau ulang, seringkali seseorang ingin membuat website hanya karena pesaingnya kini telah memiliki website atau bahkan merasa website adalah sesuatu yang wajib dimiliki walau sebatas untuk formalitas saja. Kita kemudian lupa mendefinisikan bagaimana website itu nantinya bisa memberikan kontribusi bagi bisnis yang sedang dijalankan.

Website diciptakan untuk berkomunikasi dengan customer kita, karena itu penting untuk memetakan pada tahap hubungan yang mana website mengambil perannya

Berikut adalah tahapan yang harus dilalui dalam hubungan kita dengan customer

Dari kelima tahapan di atas, website yang kita buat bisa jadi cuma berkontribusi pada salah satu tahap, beberapa, atau bisa juga pada semua tahapan. Tentunya hal ini tergantung bisnis apa yang kita jalankan dan bagaimana strategi yang kita susun. Supaya lebih jelas saya akan coba uraikan satu demi satu

Aware
Langkah awal membangun hubungan dengan cutomer tentunya membuat mereka aware akan keberadaan Anda, jika Anda merasa bahwa website Anda dapat ataupun harus menciptakan awarness akan brand atau produk yang Anda tawarkan, berkonsentrasilah pada upaya untuk membuat target market Anda menemukan website Anda.

Hal-hal seperti  SEO (search Engine Optimization) atau Targeted advertising perlu Anda lakukan. Datangkan pengunjung sebanyak mungkin ke website Anda, tapi tentunya pilih yang benar-benar menjadi target market Anda. Bagaimana memastikannya? saya akan coba bahas di tulisan selanjutnya

Consider
Setelah berhasil membuat calon customer Anda aware akan keberadaan Anda, kini usaha Anda adalah salah satu opsi yang bisa mereka pilih untuk memenuhi kebutuhan mereka.  Di tahap inilah pentingnya Anda melakukan perbandingan yang mendalam terhadap para pesaing. Pelajari website pesaing-pesaing Anda, kemudian tempatkan diri Anda sebagai calon customer. Dengan cara ini Anda bisa memastikan bahwa tawaran Anda paling menarik. Ingat, tawaran menarik tidak selalu berarti harga yang lebih murah 🙂

Purchase
Ok, anggaplah Anda kini berhasil menyajikan tawaran yang menarik, lantas bagaimana mengkonversi pilihan tersebut menjadi sebuah transaksi pembelian. Nah, kini mulailah perhatikan hal-hal seperti kemudahan transaksi dalam website, call to action dan komponen-kompenen sejenis lainnya. Pastikan calon customer yang sudah susah payah Anda datangkan tidak kabur begitu saja hanya karena bingung bagaimana cara bertransaksi dengan Anda.

Repeat Purchase
Anda telah berhasil menciptakan transaksi melalui website Anda, sekarang bagaimana Anda mampu menjaga loyalitas dengan customer dan membuka kesempatan untuk pembelian selanjutnya.

Kini berfokuslah dengan bagaimana website kita membantu customer kita mendapatkan experience  terbaik dalam menggunakan produk ataupun dalam mendapatkan layanan purna jual kita. Jadikan website Anda tempat customer bisa memperoleh informasi jika menemui masalah dengan produk kita, intinya ciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Lakukan pula analisa menganai behavior ataupun pola kegiatan customer ketika berada di website kita, berdasarkan itu mungkin Anda bisa menawarkan produk lain yang akan diterima dengan baik oleh customer Anda.

Advocate
Anda yakin bahwa experience customer Anda sudah sangat baik? kini pastikan juga bahwa mereka dipermudah untuk merekomendasikan produk Anda. Integrasikan website Anda dengan layanan social media sehingga mereka bisa dengan mudah merekomendasikan produk Anda.

 

Nah, kini pikirkan kembali rencana Anda, pastikan Anda memperoleh manfaat optimal dari website Anda nantinya.

 



by Bakhtiar
Online Strategist